Mengimani Malaikat Allah Swt

Iman kepada malaikat


Freependidikan.blogspot.com, Iman Kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman yang ke dua setelah Iman kepada Allah Swt, Iman yang artinya percaya dan meyakini akan keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt sebagai mahluk gaib yang memiliki tugas dan sifat-sifat tertentu.

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah Swt yang tercipta dari cahaya (Nur) dengan tugasnya menjalankan, mengurus, mengedarkan, dan mengatur seluruh semesta alam beserta seisinya sesuai dengan Perintah dan kehendak-Nya. Dalam menjalankan tugasnya para Malaikat tidak pernah mengingkari segala perintah ataupun lalai terhadap tugas yang di berikan Allaw Swt.
Sebagaimana di jelaskan dalam Al-Quran Surat Al-anbiya 19-20 :

 (19) وَلَهُۥ مَن فِى ٱلسَّمَـٰوَ‌ٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ وَمَنْ عِندَهُۥ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِۦ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ
(20) يُسَبِّحُونَ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Artinya :
19. Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih
20. Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang.

Dalam Hal ini kita sebagai umat muslim wajib percaya dan mengimani keberadaan malaikat yang telah di berikan tugas khusus dari Allah Swt untuk mengawasi  segala tindak tanduk kelakuan manusia baik itu buruk ataupun perbuatan baik. Manusia tidak akan bisa mengetahui keberadaan malaikat karena sifat malaikat bersifat gaib dan tidak bisa terlihat oleh manusia.

Malaikat merupakan ciptaan Allah Swt yang tidak pernah makan, minum dan tidak pernah tidur seperti manusia, dan malaikat juga tidak memiliki kelamin pria ataupun wanita. Malaikat juga tidak pernah melakukan kesalahan walupun sekecil-kecilnya kesalahan, karena banyak di jelaskan di dalam Al-Quran dan hadist-hadist Rasulullah Saw. Sifat-sifat yang dimiliki malaikat berbeda dengan sifat-sifat yang dimiliki makhluk lainnya, berikut ini sifat-sifat malaikat :
  1. Bersifat Gaib, Yaitu tidak bisa dilihat dan dirasakan oleh manusia, kecuali Allah Swt menghendaki untuk menampakan malaikat kepada manusia.
  2. Tidak Berjenis Kelamin, Malaikat tidak memiliki jenis kelamin seperti mahluk lainnya seperti laki-laki maupun perempuan.
  3. Tidak Memiliki Hawa Nafsu, Beda halnya seperti manusia, jin atupun setan. Malaikat tugasnya hanya menjalankan segala perintah Allah Swt.
  4. Tidak Pernah Membangkang, Malaikat adalah mahluk yang paling taat kepada Allah Swt dan tidak akan pernah ingkar dari perintah Allah Swt.
  5. Tidak Sombong,  Malaikat di berikan pengetahuan yang tinggi dan kedudukan yang mulia di sisi Allah Swt tapi mereka diciptakan untuk tidak sombong.
  6. Senantiasa Bertasbih Kepada Allah Swt, Malaikat sepanjang masa dan hari selalu bertasbih kepada Allah Swt tanpa merasa jemu.
  7. Memohon Ampun untuk Orang yang Beriman,  Malaikat akan memohon ampunan dan selalu mendoakan orang-orang yang beriman agar mampu dan selalu beribadah kepada Allah Swt. Malaikat juga akan mendoakan kepada orang yang beriman agar selalu sabar dalam menjalankan Ujian dari Allah Swt dan menguatkan keimanannya.
  8. Memberi salam Kepada Ahli Surga, Malaikat akan selalu mengucapkan salam kepada para penghuni surga atas karunia Allah Swt. Ucapan ini merupakan penghargaan yang tinggi atas perilaku shalehnya selama di dunia.
  9. Dapat Berubah Bentuk, Malaikat dapat mengubah bentuknya atas kehendak dari Allah Swt, Ketika malaikat jibril menjelma menjadi seorang laki-laki untuk menyampaikan wahyu kepada nabi Muhammad Saw.
  10. Tidak Meninggal, Malaikat tidak pernah meninggal atau dilahirkan karena malaikat tidak berkembang biak seperti manusia, Malaikat tidak akan mengalami kematian sampai hari kiamat tiba.

Sebagai umat muslim yang percaya akan adanya malaikat kita hendaknya selalu taat dan beribadah kepada Allah Swt, karena di manapun kita berada dan apapun perbuatan kita baik buruk ataupun berbuat baik akan selalu di awasi malaikat sebagai utusan dari Allah Swt yang selalu mengawasi kita sepanjang hari detik demi detik setiap saat.

1 Komentar untuk "Mengimani Malaikat Allah Swt"

  1. Alien 3 (The Matrix & The Killing of John Logan) - Film FileEurope
    The movie 사설 토토 사이트 추천 넷마블 is a high fantasy-themed, cyberpunk 마기 action game in which 세리에 a 순위 the android protagonist, John 사설토토 넷마블 Logan, is sent back 인증 토토사이트 샤오미 to an alien prison

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel