Kondisi dan Karakteristik Negara Jepang

JAPAN


    Setiap negara di dunia memiliki karakteristik sendiri yang berbeda dengan negara lainnya baik keadaan alamnya maupun keadaan penduduknya dalam bagian ini kita akan mempelajari keadaan alam beberapa negara di dunia baik di benua asia maupun benua lainnya keadaan alam yang dimaksud adalah lokasi iklim bentuk muka bumi geologi flora dan fauna di materi kali ini kami akan membahas negara Jepang.

Ibukota                            : Tokyo
Bahasa Nasional             : Jepang (resmi)
Agama                             : Shinto,buddha, dan Kristen
Pemerintahan                  : Kerajaan konstitusional
Kepala Negara                 : Kaisar dan Perdana Menteri


a.       Lokasi

Apa yang kalian tahu tentang negara Jepang ?. Negara ini merupakan salah satu negara industri yang produknya terkenal di berbagai belahan dunia setiap hari kita pasti melihat kendaraan bermotor produksi Jepang seperti Toyota Honda dan Suzuki.  Tetapi pada kalangan remaja mereka akan lebih mengenal negara Jepang melalui anime atau kartun animasi. Menurut kalian di manakah Jepang berada ? Jepang terletak di barat laut Samudra Pasifik negara ini berbatasan di sebelah barat dengan Korea Utara Korea, Selatan dan Rusia di sebelah utara berbatasan dengan laut octo's sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah selatan berbatasan dengan laut China Timur dan laut Filipina secara astronomis Jepang berada pada 30 derajat lintang utara sampai 47 derajat Lintang Utara dan 128 derajat bujur timur sampai 146 derajat bujur timur

 

b.      Iklim

   Karena bentuk wilayah Jepang membujur dari utara sampai Selatan kondisi iklim Jepang bervariasi sesuai dengan lintangnya Jepang memiliki iklim sedang dengan empat musim yaitu musim semi panas gugur dan dingin musim semi dimulai sekitar bulan Maret dan ditandai dengan munculnya kuncup bunga plum setelah bunga perang berakhir kemudian muncul kuncup bunga sakura musim panas di Jepang dimulai sekitar bulan Juni suhu pada musim panas bisa mencapai 35 derajat Celsius dengan kelembaban lebih dari 90% pada bulan tersebut ditandai dengan pohon-pohon hijau dan suara serangga yang ribut.     Sekolah di Jepang libur selama 1 bulan atau libur musim panas dan biasanya penduduk Jepang pergi ke pantai hari yang panas dan lembab pada musim panas berakhir di musim gugur sesuai dengan namanya musim gugur di Jepang ditandai dengan mulai gugur atau rontoknya daun daun di pohon peristiwa tersebut berawal sekitar bulan September daun daun tampak berwarna merah orange dan kuning pada musim dingin suhu udara di Jepang antara minus 7 derajat Celcius sampai dengan 7 derajat Celcius musim dingin ditandai dengan turunnya butiran salju yang diawali sekitar bulan Desember pada musim dingin suhu udara sangat rendah bahkan dapat mencapai minus 20 derajat Celsius seperti yang terjadi di Hokkaido.

 

c.       Bentuk muka bumi

Jepang memiliki wilayah dataran yang kecil yaitu sekitar 30% dari luas wilayahnya sebagian besar atau 70 sampai 80% wilayahnya terdiri atas pegunungan Wilayah dataran terletak di sepanjang pantai. Dataran terbesar dapat dijumpai di dataran Kantor Wilayah Tokyo in applying Osaka Kyoto Nobi Nagoya Ichigo home Sendai Timur Laut selain itu ada pula dataran yang relatif kecil luasnya di Hokkaido dan menjadi pusat aktivitas penduduk

 

d.      Letak Geografis

    Jepang terletak di tepi bagian barat dari Samudra Pasifik daerah ini merupakan bagian dari cincin api atau Ring of Fire yang terdiri atas banyak gunung api setidaknya terdapat 162 gunung api tersebar di negara ini. Salah satu diantaranya merupakan yang tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fuji sekitar 3776 meter karena banyaknya gunung api maka sekitar 25% wilayah negara ini tertutup lapisan vulkanik.

    Selain memiliki banyak gunung api Jepang juga dikenal sebagai negara yang sering mengalami bencana gempa bumi. Mengapa demikian karena Jepang terletak pada daerah perbatasan antara lempeng benua Asia dan lempeng Samudera Pasifik lempeng benua Asia terangkat karena berat jenisnya lebih ringan sehingga membentuk Kepulauan Jepang pertemuan atau tumbukan kedua lempeng tersebut juga menimbulkan gempa dan gunung api. Fenomena tersebut mirip dengan Indonesia yang juga berada pada perbatasan zona tumbukan lempeng benua Asia dengan lempeng samudra Hindia dan Samudra Pasifik. 

    Jepang memiliki Sumber daya mineral yang sangat terbatas karena itu Jepang sangat tergantung pada bahan mentah dan bahan bakar hasil impor dari negara lain. Hasil tambang dari dalam negeri sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan industrinya, beberapa hasil tambang tersebut adalah batu bara yang kualitasnya rendah timah seng mangan tungsten antimony dan krom.  Minyak bumi ditemukan di honshu utara tapi produksinya sangat jauh dari Kebutuhan, sumber daya mineral yang cukup terpenuhi adalah belerang.

 

e.       Flora dan Fauna

        Kalian Mungkin mengira penggunaan lahan di Jepang didominasi oleh daerah perkotaan dengan banyak pemukiman dan industri perkiraan tersebut dapat dipahami mengingat Jepang merupakan sebuah negara maju atau negara industri,  ternyata perkiraan tersebut salah karena 67% wilayah Jepang justru masih merupakan hutan. Beberapa jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di antaranya adalah pohon eks, bambu, mapel, d Rich dan poplar.

    Hewan di Jepang telah banyak berkurang dulu di negara ini dapat ditemukan babi hutan monyet serigala dan rusak namun kini jumlahnya terus berkurang

 

f.        Kondisi penduduk

        Jepang memiliki penduduk sebesar 126,9 juta jiwa menurut World population data sheet 2015, walaupun jumlah penduduk yang besar tetapi  kecenderungan terus Mengalami penurunan angka kelahiran di Jepang relatif rendah sehingga terjadi penurunan jumlah penduduk pertumbuhan penduduk Jepang minus 0,1 1%. Berarti setiap tahun terjadi penurunan jumlah penduduk sebesar 0,1%.

    Sementara itu jumlah penduduk lanjut usia semakin besar jumlahnya karena keadaan kesehatan yang lebih baik sebagian besar penduduk Jepang bekerja di luar sektor pertanian perkembangan industri yang pesat membuat sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industry.

    Penduduk Jepang terdiri atas beberapa etnik tetapi yang dominan adalah etnik Jepang yang mencapai 98,5% Korea 0,5% China 0,4% dan lainnya sekitar 0,6% agama yang dianut terdiri atas Shinto 83,9%, Budha 71,4%,  Kristen  2% dan lainnya sekitar 7,8%. Pada tahun 2013 usia harapan hidup penduduk Jepang mencapai 86 tahun untuk wanita  dan 79 tahun untuk pria atau jika keduanya digabung mencapai 83 tahun menurut World population data sheet tahun 2015. angka tersebut merupakan yang tertinggi di dunia ini menandakan bahwa kebiasaan hidup sehat dan pelayanan kesehatan di Jepang sangat baik. (sumber Youtube IPS NUSANTARA)

Belum ada Komentar untuk "Kondisi dan Karakteristik Negara Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel