Materi IPA untuk kelas 7 SMP semester 2 yaitu Pencemaran lingkungan.

Halo adik-adik kembali lagi dengan infobiasa.com website yang membahas tentang pembelajaran di sekolah, kali ini kita akan membahas materi IPA untuk kelas 7 SMP semester 2 yaitu Pencemaran lingkungan.

polusi


Pencemaran Air

Kalian tentu sering mendengar istilah pencemaran air, Apa yang dimaksud dengan pencemaran air ? pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan air di suatu tempat akibat aktivitas manusia perubahan yang terjadi mencakup beberapa hal bisa terjadi berupa perubahan bau perubahan warna ataupun perubahan rasa air tersebut.

Lalu bagaimana pencemaran tersebut bisa terjadi ada beberapa sumber pencemaran air diantaranya adalah berasal dari limbah pertanian, limbah pertanian bisa saja berupa pestisida yaitu zat kimia yang berfungsi untuk membunuh hama atau bisa juga bahan kimia berupa pupuk kimia

sumber pencemaran air lainnya bisa berasal dari limbah industri yang berasal dari pabrik atau limbah rumah tangga berupa sampah rumah tangga deterjen dan bahan-bahan kimia lainnya yang berasal dari sampah sampah rumah tangga. Pencemaran air sendiri terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya pencemaran mikroorganisme didalam air misalnya adanya bakteri virus kuman penyakit dan mikroorganisme lainnya di dalam air mikroorganisme pencemar tersebut biasanya dibawa oleh sampah limbah rumah tangga limbah industri dan kotoran ternak atau kotoran manusia

Jenis pencemaran air yang berikutnya adalah pencemaran kimia yaitu pencemaran yang disebabkan oleh bahan kimia untuk tanaman misalnya pestisida dan pupuk kimia bahan kimia dalam nutrisi anorganik untuk tanaman itu bisa mencemari air baik air di dalam tanah maupun air yang terbawa ke sungai dan laut oleh air hujan selain pencemaran oleh bahan kimia anorganik pencemaran air juga bisa disebabkan oleh bahan kimia organik misalnya deterjen minyak sabun dan cairan pembersih lainnya.

Bahan kimia organik dalam produk-produk pembersih yang digunakan dalam rumah tangga mengandung polutan yang bisa mencemari air dan berbahaya bagi manusia hewan tumbuhan dan semua makhluk hidup. 

Selain itu pencemaran air juga bisa disebabkan oleh logam berat misalnya timbal garam-garam kimia dan asam kimia biasanya pencemaran oleh logam berat ini menyebabkan warna dan rasa air berubah dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan gangguan gangguan pada organ organ tubuh.

Pencemaran air menyebabkan beberapa akibat seperti di antaranya merusak ekosistem di dalam air karena menyebabkan kematian beberapa hewan dan dapat menyebabkan  air menjadi tidak layak dikonsumsi, efek lainnya adalah  menimbulkan pendangkalan di sungai dikarenakan  populasi Alga meningkat atau biasa disebut Blooming Alga atau ledakan populasi alga.

Untuk mencegah pencemaran air kita bisa melakukan beberapa upaya tertentu seperti: 

  1. Pertama tidak membuang sampah ke sungai atau ke laut. 
  2. Mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia. 
  3. Kita harus menghemat penggunaan air bersih 
  4. Mengawasi penggunaan pestisida atau pupuk agar tidak terlalu berlebihan yang
  5. Mengolah limbah dengan instalasi pengolahan air limbah dan kolam stabilisasi limbah

Pencemaran Tanah

Selanjutnya kita akan membahas mengenai pencemaran tanah. Pencemaran tanah adalah perubahan keadaan tanah akibat masuknya zat-zat polutan yang dapat merusak kualitas tanah dan polutan tersebut berasal dari limbah industri limbah rumah tangga dan sampah plastik serta logam akibat ulah manusia. 

Ada beberapa penyebab pencemaran tanah diantaranya adalah limbah limbah domestik atau limbah limbah rumah tangga contoh limbah domestik atau limbah rumah tangga adalah cat, oli proses-proses, kotoran manusia, kemudian sampah plastik Lalu ada juga limbah pertanian contohnya pupuk urea yang berlebihan pestisida dan herbisida.

Pencemaran tanah juga bisa disebabkan oleh limbah industri yang berasal dari pabrik misalnya limbah pencucian kain, limbah kaleng besi, plastik, karet dan cairan limbah lain yang meresap ke dalam tanah.

Setiap zat menghasilkan akibat yang berbeda-beda pada pencemaran tanah contohnya kromium dan herbisida dapat menyebabkan kanker karena kromium dan herbisida adalah zat-zat karsinogenik.

Kemudian timbal dapat menyebabkan kerusakan otak dan ginjal, zat-zat kimia lainnya dapat merusak ekosistem di tanah dan merubah struktur kimia tanah sehingga merusak rantai makanan. Ada beberapa upaya dalam menanggulangi pencemaran tanah yaitu :
  1. Pertama adalah kita bisa melakukan remediasi yaitu kegiatan pembersihan permukaan tanah dari zat-zat pencemar tanah l
  2. Lalu kita juga bisa melakukan proses bioremediasi bioremediasi adalah proses membersihkan permukaan tanah dari zat pencemar dengan menggunakan organisme biasanya organisme yang digunakan untuk bioremediasi adalah jamur atau bakteri.

Pencemaran Udara

Selanjutnya  kita akan membahas mengenai pencemaran udara bagi kalian yang tinggal di daerah perkotaan  atau daerah-daerah industri tentu saja sudah sangat akrab dengan pencemaran udara. Pencemaran udara adalah kondisi udara yang mengandung bahan polutan yang berbahaya bagi makhluk hidup.

Pencemaran udara ini biasanya disebabkan oleh aktivitas manusia yaitu pembakaran industri dan penebangan hutan dan pohon yang berlebihan berkurangnya jumlah pohon di alam dapat menyebabkan akumulasi gas-gas berbahaya di atmosfer.

Ada beberapa penyebab pencemaran udara yang pertama faktor alam faktor alam yang dapat menyebabkan pencemaran udara adalah gunung meletus yang dapat mengeluarkan abu vulkanik, sehingga udara tercemar atau kebakaran hutan alami yang disebabkan oleh musim kemarau dapat menimbulkan polusi asap, sehingga mengurangi atau menurunkan kualitas udara.

Manusia juga dapat menyebabkan pencemaran udara aktivitas manusia yang disebabkan oleh industri dapat hasilkan asap pabrik asap pembakaran sampah dan asap asap kendaraan. Asap yang disebabkan oleh aktivitas manusia tersebut dapat menyebabkan penurunan kualitas udara. Ada beberapa efek atau akibat dari pencemaran udara contohnya asap kendaraan dapat menyebabkan akumulasi gas karbon di atmosfer sehingga menyebabkan efek rumah kaca dan meningkatkan suhu bumi sehingga dapat menyebabkan pemanasan global. 

Selain itu penurunan kualitas udara juga dapat menyebabkan berbagai penyakit infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA atau asfiksi dan emfisema yang menyebabkan akumulasi karbondioksida dalam darah sehingga menyebabkan penyakit pernapasan.

Ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah polusi udara yaitu
  1. Pertama kita dapat melakukan reboisasi yaitu proses penanaman kembali hutan-hutan yang gundul agar pohon-pohon yang dihasilkan dapat menyerap karbondioksida di atmosfer.
  2. Mencegah dan memadamkan kebakaran hutan dan menghukum pelaku illegal logging atau penerbangan berlebihan.
  3. Menggunakan energi ramah lingkungan seperti energi surya.
  4. Menutup pabrik pabrik yang menghasilkan zat-zat yang dapat merusak lingkungan.
Materi diatas mengenai pencemaran lingkungan yang akan di pelajari di kelas 7 semester 2 mudah-mudahan bisa dipahami jika kalian belum paham kalian bisa bertanya di kolom komentar  sampai kalian benar-benar paham terima kasih untuk semua yang sudah membaca Tetap Semangat belajarnya tetap belajar bersama Freependidikan.blogspot.com. 

 


Belum ada Komentar untuk "Materi IPA untuk kelas 7 SMP semester 2 yaitu Pencemaran lingkungan."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel